Recent Posts

Sunday, June 28, 2015

MANNEQUIN PLASTIC Exhibition at Apa Kabar Ibu? #2, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta 2014













Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan 
Komunitas 4 Perempuan serta Himpunan Mahasiswa Seni Rupa
 Fakultas Pendidikan Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia akan menggelar pameran biografi kesenian bertajuk “Apa Kabar Ibu? #2” pada 17-28 November 2014. Pameran ini melanjutkan Pameran “Apa Kabar Ibu?” yang sebelumnya pernah diselenggarakan pada 2011 oleh Galeri Kita dalam skala lokal yaitu di Bandung, dengan 12 seniwati Bandung sebagai peserta pameran. Pada 2014 ini, pameran tersebut dihelat kembali untuk yang kedua kali dan berusaha diangkat dalam skala yang lebih luas dengan menggandeng Galeri Nasional Indonesia sebagai museum seni yang tidak hanya berskala nasional namun juga internasional.
“Apa Kabar Ibu? #2” bukanlah sekedar pameran yang menyajikan kekaryaan hasil olah cipta para seniwati, melainkan lebih menyoal pada aktualisasi diri dan berbagi cerita tentang aktivitas profesional para penggiat seni rupa, seni tari, seni musik, fashion, teater, dan sastra, yang meluas hingga merambah bidang management, bisnis, pendidikan dan penelitian di bidang kesenian. Pameran ini juga menginterpretasikan sebuah kesadaran untuk membuka diri, berbagi pikiran, dan pengalaman hidup berkesenian yang dijalani para penggiat seni yang kesemuanya adalah perempuan.

Istilah biografi kesenian yang terentet dalam penyebutan tajuk pameran ini dicetuskan oleh Anunsiata Srisabda sebagai kurator sekaligus penggagas program pameran ini, tidak hanya sekedar estetika kata-kata belaka. Karya-karya yang ditampilkan merujuk pada pilihan akan jejak yang pernah dilalui para seniwati, dan bekas yang barangkali memengaruhi sikap kesadaran mereka dalam memaknai hidup. Pameran ini menyuguhkan artefak aktifitas yang pernah dijalani para seniwati, sehingga kurasinya memberikan bobot lebih pada biografi kesenian seniwati ketimbang kekaryaannya.

Biografi kesenian itu akan dituangkan dalam karya lukis (art craft dan embossed), lukisan teknik bordir, sulam, batik, fashion, pertunjukan seni gerak, musik, teater, dan karya seni lainnya. Semuanya merupakan hasil olah cipta 14 perempuan penggiat kesenian tersohor yang membuat gaung dalam pameran ini. Beberapa diantaranya adalah Ully Sigar Rusady (musisi), Heyi Ma’mun (seniwati rupa), Sugiyati Anirun (seniwati teater), Ine Arini (seniwati tari), Yvonne de Fretes (sastrawati), Sammaria Simandjuntak (sineas), Tiarma Sirait (art fashion).
Dengan dihelatnya pameran ini, diharapkan terjadi pertukaran pikiran dan pengalaman hidup dalam berkesenian.

Pertemuan para penggiat seni dalam pameran ini juga diharapkan menjadi sarana komparasi pengalaman dengan lini periode waktu yang berbeda yang tujuan besarnya adalah untuk mengembangkan kreatifitas para seniwati di masing-masing bidangnya.

Jakarta, 17 November 2014



2 comments:

Obat Herbal Epilepsi said...

Obat Tradisional Jelly Gamat
Obat Gondok
Obat Benjolan di Gusi
Obat Pengering Luka
Obat Benjolan di Lidah
Obat pengering Luka Operasi
Obat sering kencing
Obat Sakit Tulang Leher

best essays said...

I had a fun time with pictures but oh dear i cant read the language. i am assuming that its Malay or something but wish it was in English.

Post a Comment